Soluisi Google Analytics Tidak Menampilkan Data Pengunjung Blogspot

Solusi Google Analytics Tidak Bekerja Menampilkan Data

Awalnya saya pikir ada yang tidak beres dengan akun google analytics saya. Data-data yang tampil semuanya menunjukknan angka 0.


Padahal, dasboard blogger (blogspot) menunjukkan angka yang signifikan.


Pusingg...?


Pastilah. Pusingnya lama lagi. Sampai bertahun-tahun.


Sudah searching kemana-mana, baca sana-sini, nonton tutorial ini-itu. Masalahnya tidak juga ketemu. Yang jadi, malah makin pusing.


Menurut referensi di internet, apa yang saya lakukan sudah tepat.


Tapi kok google analytics saya tetap tidak bekerja..? Salahnya dimana? Atau jangan-jangan Google sudah menutup layanan Google Analyticsnya?


Pertanyaan-pertanyaan ini tidak pernah terjawab bertahun-tahun lamanya.


Hingga akhirnya keajaiban itu datang. Tanpa sengaja saya nyasar ke Ceritashanty.com blog milik emak-emak keren bernama Shanty Dewi Arifin.


Dari post blog beliau, akhirnya, saya temukan solisi tepat, akurat dan majur..!


Kesalahan yang saya lakukan ternyata sangat simple. Saya hanya tidak menempelkan kode pelacakan (tracking code) google analytics ke templete blogger saya.


Maklum, selama ini hanya ikut-ikutan. Mengikuti tutorial abal-abal yang banyak bertebaran di internet. Bahwa, pengguna blogspot atau blogger tidak perlu menempelkan tracking kode ke templete blognya.


"Cukup memasang Id Pelacakan di dasboard blogspot dan semua beres". Ternyata, tidak benar. Pernyataan ini telah menysatkan banyak orang.


Jadi. Meskipun, blogspot dan google analytics sama-sama produk google. Kita harus tetap menempelkan kode pelacakan, atau yang dalam bahasa krennya 'tracking code properti google analytics' ke templete blogspot kita, untuk mengitegrasikan keduanya.


Kalau boleh saran, biar tidak kepala puyeng pusing tujuh keliling seprti yang saya alami. Pilih dan saring baik-baik setiap informasi digital yang kita terima. Jangan asal ikut saran ini-itu. Pastikan dulu kredibilitas pemberi informasinya.


Maaf curhatnya kepanjangan. Gara-gara berkunjung ke blog emak-emak jadi ketularan tabiat emak-emak.


Apa yang saya lakukan setelah mendapat solusi persoalan google analytics tidak menampilkan data.


Berikut langkah demi langkah yang saya lakukan. Silahkan disimak dan dipraktekin.


Pasti manjur. Karena ini adalah pengalaman pribadi yang dipraktekkan sendiri. Dan, tentu saja tidak menyesatkan. Karena pemberi informasinya memiliki kredibilitas tinggi. He...he...he...


Pertama - Copy kode pelacakan (tracking code) google analytics


Caranya, log in ke akun google analytics. Masuk ke menu pengaturan ( gambar roda gerigi disudut kiri bawah). Pilih info pelacakan, kemudian klik kode pelacakan untuk mendapatkan kode.


Perhatikan gambar dibawah sebagai panduan.

Info Pelacakan Google Analytics


Kode kemudian ditampilkan seperti gambar dibawah.

Kode Pelacakan Google Analytics Gtag.js


Script yang berada dalam kotak itu lah kode pelacakan google analytics yang akan kita salin dan tempelkan di templete blogspot kita.


Kedua - Pastekan kode pelacakan dibawah kode <head> templete blogspot


Buka dasboard blogspot, pilih menu templete. Lalu, klik tombol bergambar segitiga terbalik disamping tombol sesuaikan.


Tindakan ini akan menampilkan beberapa menu penyesuaian. Pilih edit html.


Kita akan dibawa kesebuah tampilan penuh kode-kode. Itulah script templete blogspot yang akan kita tempeli kode pelacakan google analytics.


Tempel kode dibawah kode <head>nya.

Script tempat menempelkan gtag.js google analytics


Ingat tempelkan dibwah kode <head>. Bukan diatasnya.


Untuk memudahkan, klik dimana saja pada bada bagian kode-kode itu. Lalu tekan Ctrl+F di keyboard untuk memuculkan papan pencarian. Ketikkan <head> kemudian enter.


Sudah ketemu. Lansung pastekan saja kode pelacakan atau tracking kode google analitycs tepat dibawahnya.


Pada beberapa kasus, kode <head> tidak ditemukan di sript templete blogspot.


Biasanya, ini terjadi jika kita memakai templete bukan templete bawaan blogspot. Karena, pembuat templete sudah memodifikasi (encode) kode <head> untuk keperluan SEO (search engine optimization).


Solusinya, ganti pencarian dengan kode &lt;head&gt; 

Sudah ketemu. Paste tracking code google analytics kita dibawahnya.


Ketiga - Selesai


Terakhir. Coba kunjungi blog kita.


Di tab berbeda buka beranda google analytics.


Lihat jendela pengguna aktif saat ini, jika menunjukkan angka selain 0. Selamat.... Google analytics sudah menerima data blog kita.


Apa sih Google Analytics itu. Kenapa Begitu Penting Menghubungkannya Dengan Blog Kita.


Google analytic adalah serangkaian tools yang disediakan google bagi para bloger atau publisher agar dapat memantau trafik pengunjung  blog atau pengguna aplikasi web yang dimilikinya.


Sderhananya google analytics adalah alat pelacak sebuah laman website.


Hasil pelacakan itu kemudian disajikan dalam bentuk data statistik ke masing-masing akun pengguna (para blogger dan publisher itu).


Bagi kita, para blogger. Data statistik pengunjung itu amat penting sebagai bahan analisa menentukan strategi membangun dan mengembangkan blog kita.


Bayangkan, dengan google analytics, kita dapat mengetahui perilaku pengunjung. Seperti postingan mana yang paling mereka minati, kapan waktu paforit mereka mengunjungi blog kita, perangkat apa yang paling banyak mereka gunakan, dan dimana lokasi mereka saat mengakses blog kita.


Informasi-informasi itu tentunya merupakan rujukan penting bagi kita dalam merencanakan kontent yang lebih baik dan diminati pengunjung.


Dibanding data statistik pengunjung bawaan blogspot, data google analytics tentunya lebih best dan lengkap. Data bawaan blogspot yang ditampilkan di dasboardnya juga terkdang kurang jujur, karena menampilkan data perayapan robot sebagi data pengunjung.


Cara Buat Akun Google Analytics


Akses google analytics di https://analytics.google.com. Login pakai akun google kita. Selanjutnya, kita diarahkan ke welcome page.


Jika belum memiliki akun google lihat panduannya disini


Klik tombol 'mulai mengukur' berwarna biru di laman itu untuk memuculkan formulir pendaftaran.

Welcome Page Google Analytics


Ada tiga formulir yang harus dikerjakan. Formulir penyiapan akun, formulir penyiapan properti, dan formulir tentang bisnis anda. Kerjakan, dengan mengisi apa adanya.


Jika sudah selesai mengerjakan formulir, kita akan diminta menyetujui Google Analytics Term of Service dan Persaratan Perlindungan Data Pengontrol-Pengontrol Pengukuran Google.


Centang keduanya, lalu klik 'saya setuju' untuk menyelesaikan pendaftaran.


Diakhir proses pendaftaran, biasanya gogle analytics memberi pilihan jenis komunikasi email dengan kita. Centang saja apa yang kita inginkan lalu klik simpan.


Sampai disini kita sudah mmiliki akun google analytics yang siap dihubungkan dengan blog kita untuk mendapatkan data-data pengunjung secara gratis.


Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analytic G 4 Versi Terbaru 2021


Sejak Oktober 2020, Google merilis Google Analytics 4 (G4). Pengguna baru yang mendaftar setelah perilisan versi baru Google Analytics tersebut tidak bisa lagi menggunakan properti Google Analytic versi lama.


Kedua versi Google Analytics ini pada dasarnya sama. Yakni, sama-sama diperuntukkan untuk melacak pengunjung website. Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar.


Untuk membahas perbedaan keduanya, Insya Allah akan dibahas dilain waktu dan kesempatan. Boleh yah....!


Lanjut... 


Setelah menyelesaikan proses pendaftaran. Untuk menghubungkan blog dengan google analytics, langkah - langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut;


1. Menyiapkan aliran data.


Pada pilihan 'choose a platform'. pilih 'web'

Menyiapkan aliran data google analytics 4


Selanjutnya, msukkan url blog kita dan beri nama pada nama aliran data. Terserah, namanya boleh apa saja. Entah itu nama kita, nama binatang peliharan atau apapun.


Kemudian klik 'buat aliran data'


2. Copy dan salin tag situs global (Gtag.js) ke templete blog


Setelah meng klik tombol Buat aliran data, akan tampil jendela Detail aliran data web yang berhasil kita buat tadi.


Sroll sedikt kebawah. Klik 'Tag situs global' didalamnya terdapat kode yang kita butuhkan. (lihat gambar dibawah yang diberi tanda panah merah - Abaikan tanda merah lain).

Gtag.js google analytics 4 G4


Salin semua kode yang diberikan lalu tempel di bawah <head> templet blogspot kita.


3. Selesai. Selamat melakukan analisa data Google Analytics 4 (GA 4)


Sampai disini, kita sudah berhasil menghubungkan blog kita dengan google analytics. Jadi, kita tidak perlu memasukkan ID Pengukuran ( coretan merah sudut kanan atas gambar diatas) ke akun blogspot kita.


Hingga postingan ini dipublikasikan blogspot juga belum mendukung properti GA 4. Namun tidak perlu kwatir, Selama keduanya sudah terhubung, google anaytic tetap menyajikan data akurat mengenai blog kita.


Selamat ngeblog....!

Related Posts

Posting Komentar