-->

Cara Agar Blog Kita Muncul di Google Paling Atas

Cara agar postingan blog kita muncul di google paling atas

Ada beberapa cara agar blog kita muncul di google paling atas. Cara-cara ini dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization) yang dalam bahasa Indonesianya berarti optimasi mesin pencari.


Yaitu, teknik-teknik yang diterapkan pada blog atau website agar dapat muncul pada peringkat teratas di hasil pencarian google.


Jika blog kita muncul di posisi paling atas tentunya potensi klik menjadi sangat tinggi.


Karena umumnya, dalam melakukan pencarian, orang selalu membuka artikel blog yang muncul di google paling atas.


Berikut adalah beberapa cara agar postingan blog muncul di pencarian google paling atas;


1. Gunakan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah


Kata kunci dengan tingkat persaingan rendah memiliki peluang besar mendapatkan posisi teratas di mesin pencari.


Kamu bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk menemukan tingkat persaingan kata kunci.


Kira-kira saja, kata apa yang biasanya banyak orang ketikkan untuk menemukan sesuatu di google. Kemudian, lihat hasilnya di Keyword Planner jika persaingannya rendah, ambil kata kunci itu.


2. Gunakan long tail keyword, kata kunci panjang


Kata kunci panjang atau long tail keyword biasanya berisi lebih dari tiga kata.


Makin panjang makin bagus. Sehingga, target kata kuncinya semakin spesifik mengarah ke sesuatu yang benar-benar ingin orang temukan di google.


Karena, target dari long tail keyword ini sangat spesifik. Tentunya, jumlah saingannya juga lebih sedikit dibanding kunci pendek yang sifatnya umum.


Semakin spesifik kata kunci yang kita targetkan, semakin besar pula peluang blog kita muncul di posisi teratas hasil penelusuran google.


3. Masukkan kata kunci ke judul postingan blog


Setelah menemukan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah dan sudah menentukan long tail keiwordnya. Langkah berikut adalah memasukkan kata kunci tersebut ke dalam judul postingan blog kita.


Ini sangat penting. Karena, judul postingan akan dirayapi robot mesin pencari pertama kali, sebelum menerjemahkan maksud pengguna. Kemudian menampilkannya di hasil pencarian.


Cara agar judul postingan muncul di pencarian google


Perlu diperhatikan. Dalam membuat judul tidak boleh terlalu panjang. Usahakan judul postingan blog kita tidak lebih dari 60 karakter agar judul postingan yang kita buat muncul penuh di hasil pencarian yang ditampilkan google.

Perhatikan gambar hasil pencarian google search dibawah;

Cara agar judul postingan mucul di pencarian google
Judul postingan pertama ditampilkan utuh karena dibuat dengan 54 karakter termasuk huruf, angka dan spasi. Sedangkan judul yang kedua ditampilkan separuh dengan titik-titik di belakangnya. Karena, pasti dibuat lebih dari 60 karakter. 


Pada tampilan judul yang pertama kita mendapat gambaran bahwa artikel tersebut membahas tiga hal yang dapat kita lakukan untuk bisa hidup rukun dengan tetangga baru. Sehingga sebagai visitor, kita dapat dengan mudah memutuskan melakukan klik atau tidak.


Di tampilan kedua, kita tidak menangkap apa sebenarnya yang dibahas artikel itu. 

Biasanya tampilan seperti ini jarang sekali mendapat klik meskipun berada di halaman pertama hasil pencarian google.  Mengingat, karakter pengguna internet yang selalu pengen cepat. Sehingga, judul seperti ini akan diabaikan.  

 

Cara agar judul postingan muncul di pencarian google ini harus kamu terapkan disetiap artikel. Agar pembaca mendapat gambaran tentang apa sebenarnya yang kita bahas dalam tulisan kita. Sehingga mereka dapat dengan mudah memutuskan untuk melakukan klik pada blog kita.


4. Gunakan header pada artikel


Header seperti H1, H2, H3 penting digunakan dalam artikel postingan blog. Hal ini bertujuan memberi signal pada mesin telusur tentang struktur konten blog kita.


Kita bisa mengkombinasisakan penggunaan header. Gunakan H1 untuk judul utama, H2 untuk judul biasa, dan H3 untuk sub-sub judulnya.


Struktur penulisan artikel blog seperti ini juga sangat membantu pembaca untuk menemukan poin-poin yang memang ingin mereka temukan dalam artikel kita.


5. Buat artikel yang disukai google dan pembaca


Membuat artikel blog tidak boleh seenaknya, seperti membuat catan pribadi. Tidak boleh juga dibuat seperti membuat catatan ilmiah kayak tugas kuliah.


Karena artikel blog ditujukan untuk umum, kita harus membuat artikel blog yang mudah dibaca dan dipahami setiap orang.


Dan agar dapat ditelusuri oleh mesin pencari, artikel blog juga harus dibuat dengan menerapkan kaidah-kaidah tertentu.


Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca Rahasia Menulis Artikel Disukai Google dan Pembaca.


6. Hindari plagiasi konten


Plagiasi atau duplikat konten adalah pantangan yang harus betul-betul dijauhi dan harus dihindari. Karena, dampaknya sangat merugikan blog kita.


Konten yang mengandung plagiasi tidak akan di indeks oleh google.


Penting untuk diketahui bahwa artikel yang kita ketik sendiri tidak menjamin lolos plagiasi konten. Untuk mengetahuinya, kita bisa menggunakan tools plagiarism cheker gratisan yang banyak bertebaran di internet.


Sebelum dipublikasikan, pastikan konten kita harus sudah 100 persen unik. Jika belum, edit lagi hingga kandungan plagiasinya bersih.


7. Integrasikan blog dengan google search console


Google search console - sebelumnya bernama Google Webmaster Tools - adalah tools milik google yang disediakan graris.


Alat ini berfungsi untuk membantu penggunanya dalam mengelola blog, website maupun aplikasi android di google playstore.


Menggunakan search console, kita dapat meminta langsung kepada pencari google untuk melakukan pengindeksan, dengan cara mengirimkan url postingan blog kita.


Tidak hanya itu. Melalui search console, kita juga dapat memantau performa blog kita di pencarian google. Seperti, kata kunci apa saja yang mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, postingan mana saja yang sudah dan belum terindeks.


8. Tambahkan pelacakan google analytics


Google analytics merupakan alat wajib, jika kita ingin blog kita mendapat peringakat bagus di google. Berbagai fitur pelacakan yang disediakan google analytics sangat membatu untuk memaksimalkan potensi blog.


Laporan trafik divisualisasikan dengan sangat detail dan lengkap. Sehingga, kita dapat dengan mudah melihat apa mesti dilakukan untuk meningkatkan kualitas blog kita.


Untuk menggunakan google analytic kamu bisa mempelajarinya di sini.


9. Dapatkan backlink berkualitas


Backlink adalah tautan atau link dari situs lain yang diarahkan ke blog kita.


Semakin baik kualitas sebuah becklink yang kita dapatkan, semakin kuat pula daya dongkraknya menaikkan posisi blog kita di SERP (Search Engine Result Pages).


Saking pentingnya becklink, sebagian orang bahkan rela merogoh kocek untuk mendapatkannya.


Membeli beckling memang sah-sah saja dilakukan. Namun, harga sebuah becklink berkualitas tidaklah murah, apalagi jika becklink tersebut berasal dari situs dengan otoritas tinggi.


Bagaimana jika tidak punya cukup budget untuk membeli backlink?


Tenang saja, buatlah kontent berupa artikel panduan lengkap dengan penjelasan mendalam di blog kita. Artikel jenis ini selalu dijadikan rujukan ketika orang lain membuat artikel serupa.


Sehingga, mereka akan senang hati membuat link ke blog kita sebagai sumber referensinya.


Kita juga bisa bisa membuat backlink profil dengan cara menyisipkan tautan ke blog kita di media-media sosial. Atau, di situs-situs yang menyediakan laman profil untuk penggunanya seperti hubpages.com, folkd.com, excangle.com, about.me, hatena.ne.jp dan lain-lain.


10. Sisipkan Gambar


Selain untuk mempercantik tampilan blog atau website, keberadaan gambar pada artikel juga dapat mendongkrak posisi postingan blog mucul di google paling atas.


Apalgi, jika kita melakukan optimasi seo secara maksimal (image seo) pada gambar yang kita masukkan.


Yang paling penting dalam optimasi SEO gambar terletak pada alt text. Alternatif teks ini memang kelihatan sederhana sehingga selalu disepelekan. Padal, pengaruhnya sangat besar terhadap posisi website di mesin pencari.


Igat, google punya "google images". Search engine khusus untuk pencarian gambar yang saat di klik akan menampilkan informasi mengenai gambar tersebut agar pengguna dapat melanjutkan ke website sumber.

Gambar postingan blog muncul di google

Jika gambar blog kita tampil di google images paling atas, potensi klik akan semakin besar dan tentu saja trafik blog kita akan semakin meningkat.


12. Masukkan Video kedalam Postingan


Memasukkan video ke dalam postingan juga berpengaruh meningkatkan posisi blog kita di mesin pecari. Apalagi jika video tersebut adalah video dari youtube. Metode ini merupakan trik seo powerful namun jarang di gunakan orang.


Namun, trik seo dengan memasukkan video youtube ke postingan blog ini harus dilakukan dengan benar. Karena jika tidak, justru malah akan memberatkan blog kita yang malah membuat ranking artikelnya drop di mesin pencari.


Jadi, sebelum menerapkan cara ini, sebaiknya pelajari dulu caranya. Jangan lansung menyisipkan video begutu saja. Biasanya, untuk pengguna blogspot, harus melakukan setingan dan memasukkan script tertentu kedalam templete agar video youtube yang ditanam ke postingan blog jadi responsif.


Cara agar postingan blog muncul di google paling atas ini sudah saya buktikan sendiri dan masih work sampai sekarang. 

LihatTutupKomentar